Thursday, October 17, 2019

Mengapa Harus Jilbab?


Mungkin aku harus kembali mengingatkanmu tentang alasan mengapa Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan perintah jilbab kepada kita–Kaum Hawa–dan bukan kepada Kaum Adam. Satu hal yang terkadang kita abaikan, yaitu fungsi dari jilbab itu sendiri. Untuk apa kita menutupi perhiasan keindahan dirimu jika agar dia tidak dinikmati oleh sembarang orang?

“Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, , atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hambaha sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak memiliki keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka mengentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.” (Q.S An-Nur: 31)

Dan firman-Nya ....

“Hai, Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al-Ahzab: 59)

Berdasarkan keterangan di atas, Allah tidak semata-mata menurunkan perintah berjilbab kepada kita tanpa ada hikmah di dalamnya. Allah telah mensyariatkan jilbab atas kaum wanita karena Allah Yang Maha Mengetahui menginginkan supaya kaum wanita mendapatkan kemuliaan dan kesucian di segala aspek kehidupan, baik dia adalah seorang ibu, anak, atau pun seorang individu yang menjadi bagian dari masyarakat.

Satu lagi yang terkadang juga kita lupakan bahwa dengan berhijab itu bukan hanya menunjukkan identitas kita sebagai seorang muslimah, tetapi juga sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah Ta’ala selain shalat, puasa, dan ibadah lainnya. Jilbab juga menjadi konsekuensi nyata bahwa ia telah berusaha memupuk imannya kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Selain itu, jilbab juga merupakan lambang kehormatan, rasa malu, dan kecemburuan. Dan semua itu Allah jadikan baik untukmu.

Ketahuilah, tidaklah Allah memerintahkan sesuatu perkara kepada hamba-Nya kecuali pasti perkara itu bermanfaat bagi hamba-Nya.


SUMBER : MUSLIMAH

No comments:

Post a Comment

FENOMENA UPLOAD FOTO DIRI

Di zaman dengan teknologi yang semakin berkembang ini, siapa yang tidak tahu mengenai selfie atau posting foto diri di media sosial? Feno...